Gubernur dan Kapolda Lampung Resmikan Elektronik Samsat Desa, Apa Itu?

Antara · Selasa, 14 September 2021 - 19:41:00 WIB
Gubernur dan Kapolda Lampung Resmikan Elektronik Samsat Desa, Apa Itu?
Gubernur dan Kapolda Lampung Resmikan Elektronik Samsat Desa (e-Samdes) (Antara)

LAMPUNG TENGAH, iNews.id - Pemerintah Provinsi Lampung meluncurkan elektronik Samsat Desa (E-Samdes) di Lampung Tengah. Aplikasi ini diharapkan mempermudah warga desa untuk membayar pajak kendaraan.

Peluncuran ini dihadiri Direktur Operasional Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana, Direktur Hubungan Kelembagaan Munadi Herlambang, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno, Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad melakukan peresmian di GOR Desa Wates, Kecamatan Bumi Ratu Nuban, Kabupaten Lampung Tengah.

Gubernur Lampung Arinal mengatakan, pajak kendaraan bermotor (PKB) merupakan penyumbang tertinggi penerimaan daerah dari sektor pajak daerah.

Dalam rangka meningkatkan penerimaan PKB maka perlu dilakukan peningkatan pelayanan dan pengembangan serta perluasan pelayanan terhadap masyarakat/wajib pajak untuk mewujudkan penerimaan pajak yang optimal.

"Pada tahun 2021 ini, telah dikembangkan inovasi pelayanan pembayaran PKB melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menggunakan aplikasi e-Samdes milik Tim Pembina Samsat Provinsi Lampung dan aplikasi L-Smart milik Bank Lampung," kata Arinal, Selasa (14/9/2021).

Hal ini selaras dengan program Gubernur Lampung tentang Smart Village atau Desa Cerdas Berbasis Digital yang terintegrasi dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten dan provinsi dengan tujuan untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2