Kisah Tong Sin Fu, Pelatih Bulu Tangkis Asal Lampung Terpaksa Hijrah ke China

Andhika Khoirul Huda ยท Rabu, 03 Agustus 2022 - 07:30:00 WIB
Kisah Tong Sin Fu, Pelatih Bulu Tangkis Asal Lampung Terpaksa Hijrah ke China
Sosok Tong Sin Fu menarik untuk diulas. Dia merupakan sosok pelatih tunggal putra yang sangat legendaris di dunia bulu tangkis Indonesia. (Foto: Liu Jin/AFP)

JAKARTA, iNews.id - Kisah Tong Sin Fu, pelatih bulu tangkis asal Lampung yang terpaksa hijrah ke China mengandung banyak pelajaran berharga.

Tong Sin Fu merupakan sosok pelatih tunggal putra yang sangat legendaris di dunia bulu tangkis Indonesia.

Sin Fu hijrah dari Indonesia pada 1998 lalu dalam kondisi yang cukup menyakitkan. Dia keluar dari jabatannya sebagai pelatih Pelatnas untuk bergabung dengan klub lokal di Provinsi Fujian, China.

Padahal, sebenarnya hati Sin Fu tetap ingin berada di Indonesia. Sebab, keluarganya sudah bahagia dan hidup berkecukupan di Tanah Air serta dua anaknya pun lahir di Bumi Pertiwi.

Namun, setiap kali dia mengajukan diri untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), selalu ditolak. Seakan-akan negeri ini enggan untuk menerima keberadaannya.

Sakit hatinya pun semakin bertambah pedih karena ada seorang aparat pemerintah yang menipunya. Dia mengansurkan uang antara Rp30 juta sampai Rp50 juta agar permohonannya menjadi WNI diterima.

Namun, setiap kali prosesnya sudah sampai ke imigrasi, permintaannya selalu ditolak. Dia selalu diminta untuk mengulang prosesnya menjadi WNI dari awal lagi. Padahal, Sin Fu, lahir dan tumbuh di Bumi Pertiwi dan sudah memberikan banyak prestasi untuk Indonesia.

Pada akhirnya, Sin Fu menyerah dan memilih untuk hijrah ke Fujian. Seorang kerabatnya yang merupakan pejabat tinggi di Fujian pun menjanjikan banyak hal manis kepadanya jika mau pindah ke Negeri Tirai Bambu.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: