Kisah Tong Sin Fu, Pelatih Bulu Tangkis Asal Lampung Terpaksa Hijrah ke China

Andhika Khoirul Huda ยท Rabu, 03 Agustus 2022 - 07:30:00 WIB
Kisah Tong Sin Fu, Pelatih Bulu Tangkis Asal Lampung Terpaksa Hijrah ke China
Sosok Tong Sin Fu menarik untuk diulas. Dia merupakan sosok pelatih tunggal putra yang sangat legendaris di dunia bulu tangkis Indonesia. (Foto: Liu Jin/AFP)

Sin Fu dijanjikan oleh kerabatnya itu langsung memiliki Warga Negara China. Lalu, pemerintah China juga bersedia menjamin semua kebutuhan primer Sin Fu, seperi rumah, kendaraan, gaji besar hingga fasilitas sampai pensiun.

Pada awalnya, Sin Fu memang hanya melatih klub lokal di Fujian. Namun, setahun kemudian dia direkrut untuk menukangi Tim Nasional Bulu Tangkis China.

Momen tersebut pun menjadi titik balik bersinarnya para pemain China. Sementara di sisi lain, tunggal putra Indonesia perlahan-lahan terus menurun kualitasnya.

Beberapa bintang China yang berhasil dilahirkannya adalah peraih emas Olimpiade Sydney 2000, Ji Xinpeng, juara dunia 2003, Xia Xuanxe dan pemain tunggal putra paling sensasional dari Negeri Panda, yakni Lin Dan, yang sukses merengkuh dua emas Olimpiade dan lima kali menjadi juara dunia.

Sejak itu, China terus memproduksi banyak pemain tunggal putra yang berkualitas. Sementara Indonesia bertahun-tahun hanya bergantung pada Taufik Hidayat saja.

Bahkan, China berhasil meraih gelar juara Piala Thomas lima kali berturut-turut mulai 2004 hingga 2012. Padahal, sebelumnya hanya Indonesia yang mampu membukukan prestasi gemilang tersebut.

Pada akhirnya, Sin Fu terus berada di China dan pensiun dari dunia kepelatihan pada 2010 lalu.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: