Ini Makanan Pantangan Penderita Asam Urat, Mulai Jeroan hingga Seafood

Faqihah Husnul Khatimah · Rabu, 05 Oktober 2022 - 18:06:00 WIB
Ini Makanan Pantangan Penderita Asam Urat, Mulai Jeroan hingga Seafood
Makanan pantangan asam urat, daging (Foto: Boomeart/EE)

JAKARTA, iNews.id – Makanan pantangan asam urat ini wajib Anda ketahui. Terlebih jika Anda menderita atau berpotensi mengidap penyakit asam urat.

Dilansir dari berbagai sumber, asam urat (gout) adalah pembengkakan dan peradangan pada sendi yang menimbulkan rasa sakit tiba-tiba.

Daerah sendi yang paling sering terkena asam urat adalah lutut, tumit, jempol kaki, dan pergelangan tangan. Penyakit ini terjadi karena darah terlalu banyak memproduksi dan menyimpan bahan kimia dalam tubuh yang disebut purin.

Purin diperoleh secara alami dari tubuh dan meningkat apabila tubuh mengonsumsi makanan tinggi purin. Produksi purin yang terlalu berlebih menyebabkan asam urat tidak bisa dikeluarkan lagi melalui urin. Akibatnya purin menimbun dan berubah menjadi kristal tajam pada sendi. 

Oleh karena itu, penderita asam urat disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi purin. Apa saja makanan tersebut? Berikut daftarnya.

Ini deretan makanan pantangan asam urat:

Jeroan

Jeroan adalah makanan kesukaan sebagian besar orang di Asia, terutama Indonesia. Namun, jika Anda punya penyakit asam urat, sebaiknya tahan diri untuk tidak makan jeroan.

Jeroan seperti hati, limpa, otak, atau babat, baik dari unggas maupun mamalia memiliki kandungan purin cukup tinggi. Sebanyak 100 gram jeroan terkandung 100-1000 mg purin. 

Daging Merah

Makanan pantangan asam urat, daging (Foto: Boomeart/EE)
Makanan pantangan asam urat, daging (Foto: Boomeart/EE)

Daging merah yang sebaiknya tidak dikonsumsi bagi penderita asam urat, antara lain daging sapi, daging kambing, dan daging domba. Selain itu, daging putih atau unggas tertentu seperti bebek, angsa, kalkun, burung puyuh, dan kelinci juga dianjurkan untuk dihindari.

Daging merah terhitung memiliki kandungan purin yang tinggi. Sebanyak 100 gram daging mentah mengandung purin di atas 100 mg. 

Daging Olahan

Selain daging merah, daging olahan juga termasuk makanan pantangan asam urat. Daging olahan harus dihindari, seperti ham dan salami. Ham mengandung 138,3 mg purin per 100 gram, sedangkan dalam 100 gram salami terdapat 120,4 mg purin.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsLampung di Google News

Bagikan Artikel: