Pemprov Petakan Daerah Rawan Bencana, Warga di Lampung Harus Waspada

Antara · Kamis, 11 November 2021 - 12:59:00 WIB
Pemprov Petakan Daerah Rawan Bencana, Warga di Lampung Harus Waspada
Salah satu rumah warga Lampung Selatan yang terendam banjir rob (Heri Fulistiawan/MNC Portal)

BANDARLAMPUNG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Lampung mulai memetakan sejumlah daerah rawan bencana. Hal ini dilakukan untuk langkah antisipasi bencana hidrometeorologi akibat perubahan cuaca.

Kepala BPBD Provinsi Lampung, Rudy Syawal Sugiarto mengatakan, dari data prakiraan potensi banjir dan gerakan tanah oleh BMKG, ada sejumlah daerah di Lampung yang berpotensi mengalami banjir dan tanah longsor.
“Berdasarkan pendataan, ada sembilan daerah yang berpotensi diterjang bencana banjir dan 12 daerah yang rawan terjadi tanah longsor,” kata Rudy, Kamis (11/11/2021).

Rudy menaparkan daerah yang berpotensi banjir yaitu Kabupaten Pesisir Barat, Lampung Barat, Lampung Tengah, Lampung Utara, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Waykanan, dan Kota Bandarlampung.

“Sementara daerah yang berpotensi longsor yakni Kabupaten Pesisir Barat, Lampung Barat, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Utara, Pringsewu, Pesawaran, Tanggamus, Waykanan, Kota Metro, dan Bandarlampung,” katanya.

Dia melanjutkan, dengan memperhatikan data prakiraan potensi bencana itu langkah kesiapsiagaan terus dilakukan. Salah satunya dengan menjalin komunikasi dan koordinasi dengan satuan yang ada di daerah.

“Akan kami siapkan dan disosialisasikan penyiapan tempat evakuasi yang aman dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: