Ketua Senat Unila Terima Rp625 Juta untuk Luluskan 2 Mahasiswa Kedokteran

Ira Widyanti · Selasa, 24 Januari 2023 - 16:57:00 WIB
Ketua Senat Unila Terima Rp625 Juta untuk Luluskan 2 Mahasiswa Kedokteran
idang korupsi Penerimaan Mahasiswa Baru Unila tahun 2022 di Pengadilan Negeri Tipikor Tanjungkarang, Bandarlampung, Selasa (24/1/2023). (Ira Widyanti/MNC Portal)

BANDARLAMPUNG, iNews.id - Ketua Senat Unila nonaktif M Basri disebut menerima uang Rp625 juta. Uang itu digunakan untuk meluluskan dua mahasiswa ke Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (Unila) pada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) tahun 2022.

Hal tersebut diungkapkan Fajar Pramukti selaku pegawai Honorer di Unila, saat bersaksi pada sidang korupsi Penerimaan Mahasiswa Baru Unila tahun 2022 di Pengadilan Negeri Tipikor Tanjungkarang, Bandarlampung, Selasa (24/1/2023).

Fajar mengatakan, uang tersebut berasal dari Feri Antonius, orang tua dari mahasiswa berinisial MVA sebanyak Rp325 juta dan Linda Fitri sebesar Rp300 juta untuk meluluskan anak Fitri, yang namanya tak diingat Fajar.

"Jadi saya kasih tahu ke Pak Basri, katanya bisa bantu asal ada (uang). Jadi bulan Juni saya ketemu Feri dikasih uang cash, terus bu Linda," kata Fajar.

Fajar menambahkan, dia menghubungi M. Basri karena selaku pimpinan dan juga Ketua Senat Unila, sehingga Fajar meyakini jika Basri bisa membantu kelulusan dua calon mahasiswa tersebut. 

Namun Ketua Majelis Hakim Lingga Setiawan meragukan jawaban dari Fajar dan kompetensi M. Basri dalam penerimaan mahasiswa

"Saya kenalnya beliau, dan saya pikir kan Ketua Senat," kata dia.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsLampung di Google News

Bagikan Artikel: